turun lapang PERSOS SOSPED :)

Kamis, 16 Desember 2010
Good (early) morning world and youuu ! :)
gue kebangun jam 2 dini hari dan inget belum sempet ngerjain slide perilaku konsumen, that's why i here. tapi slide nya uda selesai jadi gue bisa bercengkrama dengan blog ku ini aheeey :D
sekarang mau posting tentang turlap yang seeru abis bis bis bisss !
3 hari kemaren (10 des-12 des) anak2 KPM 45 dan 46 turun lapang ke Desa. kalo anak-anak 45 buat matakuliah perubahan sosial (persos) kalo anak-anak 46 buat sosiologi pedesaan (sosped). kita digabung jadi 1 tim. gue kelompok 10 yang terdiri dari 6 anak 46 dan 5 anak 45, dan gue bareng duta FEMA loooh :) :)






batalyon gue dapet didesa cibunian kecamatan pamijahan, kabupaten bogor. emang ga terlalu jauh, skitar 1 jam-1n lah kalo ga macet heheh



kita dapet di kampung muara 2, dari balai desa lumayan jauh dan naik-turun. sepanjang perjalanan isinya sawah di latar belakangi oleh gunung dan pohon-pohon, subhanallah banget deeeeh kerennya :DD

tapi belakangan kita baru tau kalo perjuangan kelompok kita belum seberapa dibandingin sama yang di bandara jaya yang terjalnya abis-abisan meeeen!
kitaa tinggal d rumah warga dan lo bisa bayangin kaan rumah yang tadinya diisi sepasang orangtua dan 3 anak yang pendiem tiba-tiba dihinggapi oleh 11 orang mahasiswa komunikasi dan pengembangan masyarakat ?? hebooh luar biasaaaa !! segitu uda kita kontrol supaya ga pecicilan, tetep weeeeh -______-"
tapi di kampung muara kebanyakan orang uda ga keluar rumah lagi dari jam 8 malem dan itu bener2 sepiiii dan (tentu aja) gelap, makanya kita bisa tidur cepet bangeeeet, yang biasanya tidur jam 11-an ngerjain tugas, ini mah jam 9 kurang uda pada siap2 jadi ikan pindang. bagi anak kosan dan perantauan dengan tugas bejibun kaya KPM, wuuushh kapan lagi bisa istirahat kaya gini ? makan tepat waktu, disediain, abis keluar naik turun gunung makan cemilan tidur, solat, makan lagi, makan cemilan lagi, tiduran lagi, selimutan lagi. hadeuuuh gimana ga nambah gendut yaa ? atuh mau gimana lagi ruangan tempat kita kumpul adalah ruang tamu yang dirangkap ruang duduk yang dianggpa markas yang dipake juga buat tidur. tinggal selonjoran dikit, langsung deh ke alam tidur.
tapi kita ga cuma beleha-leha, gue juga ikut keluar rumah jalan-jalan dan bila ada penduduk yang lagi ngapain aja gue sapa dan gue datengin, sekedar ngobrol-ngobrol (alih-alih ngorek informasi hehehe :p). mereka welcome banget dan baik-baik (tapi ga semua orangdesa yang baik didepan biak jug adibelakang, mereka emang kaya gitu :))

oiah didesa itu ada ketua kelompok tani yang amazing bangeeeet ! dia malah punya p engalaamn dan punya networking lebih banayka dari gue yang pelajar!, wow! dia punya kenala orang WWF, Chevron, YBUL , dan itu ga hanya dia kenal tapi juga bekerja sama! selain bertani, kelompok tani ini juga menganyam dan membuat kerajinan dari bambu, dan yang perlu kalian tau, mereka menganyam tudung saji untuk diekspor dengan harga 8 USD sampe 18 USD, lumayan kaaaan ? ini gambarnya :


(ini yang 8 USD)


(ini yang 18 USD)

over all turun lapang gue seru banget! apalagi kelompok gue yang kocak dan menyatu, smua kumpul smeua bareng-bareng, saling ngehormatin pendapat dan ngedengerin apa yang diomongin, ga pilih2 , alhamdulillah :) :)

these are the photos , ciaao :)


(gue sama gresa :))


(gue sama itin :))


(ini rumah warga yang kita tempatin)



2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    mw tanya donk..gw mo ngambil sosped ni smester ini..
    sussah dapet A gk c ni matkul..
    kyknya sering turun lapang ya..tapi gpp lah kalo masalah penilaian gk pelit
    thx buat perhatiannya

  1. Bunga Hadian mengatakan...:

    heloooo
    sorry baru baca komennya heheheh
    hmm, kalo lo suka mah yaa gmpang aja, soalnya kuncinya cuma lo aktif pas praktikum dan mudeng sama pelajarannya hehehe :p