2011 dan krisis pangan

Jumat, 25 Maret 2011


halo rakyat indonesia :)

"seberapa sadar kah kita akan bahaya yang tengah mengancam negara kita? bukan sembarang bahaya, tapi bahaya ini justru menyerang hal paling pokok dalam kehidupan. pangan. apa jadinya kalo akhirnya kita tidak makan karena sudah tidak ada lagi bahan makanan untuk di makan?"





sebenernya apa sih yang membuat indonesia terkena krisis pangan?

indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan dan memiliki potensi-potansi alam yang besar. Ah, klise, semua orang juga uda tau itu. Semua memuat di surat kabar, artikel, poster tapi nyatanya belum ada perubahan yang berarti kan? maka gue ga akan memulai dengan kalimat itu karna gue belum mampu mengubah negara secara cepat.


jadi gue mulai dari :


krisis pangan indonesia terjadi karena sifat indonesia yang selalu tergantung dengan pangan dunia. Impor beras, impor daging, garam, kedelai, dan jagung. semuaaaa di impor. bisa bayangin kan, beras yang kita makan sehari-hari uda ngerasain naik pesawat? ops, uda , serius, seriuuuus.... padahal katanya, sawah di Indonesia luas terhampar, perkebunan dimana-mana, tapi nyatanya, untuk beras sendiri kita mesti impor dari luar negeri dengan harga yang pastinya tidak murah. oke, belum selesai sampai disitu. ternyata lagi, persediaan pangan dunia yang selalu di impor ke beberapa negara sudah mulai meinipis. waw, bisa anda-anda bayangkan apa jadinya kalo persediaan pangan dunia habis ??


that's the point why food crisis happened


sekarang, penanggulangan apa yang seharusnya indonesia lakukan?


tentunya berkaitan dengan lahan dan pertanian mandiri (EHEM..)
sekedar masukan dan arahan aja sih, tapi yaaaaa kalo kita ga kerja sama mana bisa berhasil kan ?

indonesia harus memperluas lahan-lahan pertanian untuk menghasilkan pertanian mandiri, jadi tidak usah bergantung pada pangan dunia lagi. tetapi mungkin ini tidak mudah. sementara kita berkhayal ini-itu dengan indah dan gampangnya, mereka diluar sana terus-menerus menggerus jumlah lahan pertanian bahkan lahan kosong untuk di rubah menjadi pertokoan, perumahan. terus, dimana lagi kita mau menanam bahan-bahan kebutuhan pokok ?



ngomong emang gampang, tapi aplikasinya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. nah, kalo semua cuma nunggu orang lain untuk memulai, terus mana yang mau nmulai duluan ? nah loooo bingung kaan ???


gue juga binguung.


oke, dari pada bingung, mendingan kita belajar buat UTS seminggu lagi, dapet nilai bagus, dipercaya orang-orang dan Insya Allah bisa membantu negeri :)


bye :)

0 komentar: